
Aduh ane bingung ni mau posting apaan.. tapi kali ini ane memposting tentang SEO. di postingan kali ini saya dapat dari
wikipedia, Soalnya
ane juga masih belajar ni masalah SEO. Langsung aja deh liat pengertian
SEO secara jelas. Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search
Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang
dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume
dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web
tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin
pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web
pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian
berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs
web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang
lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai
media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada
posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah
perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.
Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi
mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di
internet.
Sejarah
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization
pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam
yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum
terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang
disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web
mereka. Meta tag menyediakan
informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan
serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi
dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs
yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan
memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi
tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun
bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan
berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer
Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan
membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan
perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma
tersebut, yang dinamakan PageRank,
merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara
perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan
analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa
halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang
banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin
tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki
kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi
seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi
nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin
mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub.
Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari
publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang
berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas
menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang
berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin
sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.
Strategi pemasaran internasional
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan
pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih
keras agar alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan
alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin
pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi
sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka
mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, dan mesin
pencari lain.
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil
pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi
perusahaan pemasaran via internet:
* Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih
besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi
dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
* Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung dari
hasil pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan
yang ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik
tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO
sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil
pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan pada
mesin pencari tersebut.
Pada Google, pemasangan iklan dapat dilakukan melalui Google AdWord.
Google AdWord menerapkan mekanisme pay per click atau bayar per klik,
artinya untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, pemasang iklan
akan dikenakan biaya, yang besarnya berbeda-beda tergantung pada proses
lelang (bidding) katakunci yang dilakukan oleh pemasang iklan.
kalau mau tahu lebih lanjut, kunjungi sumber artikel SEO - id.wikipedia